- Back to Home »
- Kecerdasan Buatan dan Permainan (AI and Games)
Posted by : Praditya Ivan
Kamis, 16 November 2017
Kecerdasan
Buatan dan Permainan (AI and Games)
A. Kecerdasan Buatan vs. Game AI
Kecerdasan
Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa
diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa
Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI)
didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini
umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin
(komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat
dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan
buatan antara lain sistem pakar, permainan
komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Game adalah permainan komputer yang
dibuat dengan teknik dan metode animasi. Permainan game merupakan bidang AI
yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang
mempunyai intelektual untuk berpikir. Komputer dapat bereaksi dan menjawab
tindakan-tindakan yang diberikan oleh lawan mainnya.
Salah satu komputer yang ditanamkan
AI untuk game bernama Deep Blue. Deep Blue adalah
sebuah komputer catur buatan IBM pertama yang memenangkan sebuah
permainan catur melawan seorang juara dunia (Garry Kasparov) dalam waktu
standar sebuah turnamen catur. Kemenangan pertamanya (dalam pertandingan atau
babak pertama) terjadi pada 10 Februari 1996 dan merupakan permainan
yang sangat terkenal.
Kini telah banyak berkembang game AI
yang semakin menarik, interaktif, dan dengan grafis yang sangat bagus. Ditambah
dengan kemajuan teknologi jaringan komputer yang semakin cepat, sudah banyak
terdapat game-game AI yang berbasiskan online. Tidak sedikit orang yang
tertarik dengan game saat ini. Mereka memainkan game untuk mengisi kekosongan
waktu mereka atau pun melatih skill mereka dalam berpikir.
B. Mode Game AI
Salah satu unsur yang berperan
penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan,
elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk
memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun
karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut
bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal
interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang
bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan
sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
·
Penglihatan (vision)
·
Suara (voice), ucapan (speech)
·
Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk
pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula
algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon
(tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game
disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang disematkan
dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan
kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan
merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang
menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi
suatu pohon (tree).
Namun,
biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi
data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin
komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree
yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses
memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada
konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma
dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.
Pada
salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat
dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode
ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan
tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk
game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan
representasi berbeda.
Minimax
yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada
suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah
diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak
menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di
masa depan.
C. Algoritma, Struktur Data dan
Representasi
D. Kompleksitas Kesalahan
E. Jenis Game AI
Jenis-Jenis
Game
· Fun
Games : Permainannya seperti skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf,
Windows Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit
dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi
grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
· Arcade
Games :Semua permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus
walau biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan
dikarenakan permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum
seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua
yang mudah dan menyenangkan. Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah
Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
·
Strategic
Games :Biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi
tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan
strategi politik.
·Adventure
Games : Terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered
Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game
Adventure. Grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa
permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan
Diablo.
Simulation
Games :Dari semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat
kesulitan dan kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal
animasinya, akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan
yang paling sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan
jenis ini juga yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis
lainnya.Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian
dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup
bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti
persoalan matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah
Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet
Fighter.
F. Kecepatan dan Memori
G. AI Engine
Daftar pusataka