Popular Post

Posted by : Praditya Ivan Jumat, 25 November 2016

Profesi dibidang TI

JAMES GOSLING O.C., Ph.D



Merupakan salah satu tokoh yang berprofesi  dibidang TI ia adalah adalah seorang pengembang perangkat lunak. menurut saya ia masuk ke kelompok pertama profesi bidang TI yaitu :

Kelompok Pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software) baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi. Pada lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya :
  • System analyst: orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
  • Programmer: orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.
  • Web designer: orang yang melakukan kegiatan perecanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
  • Web programmer: orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer yaitumembuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
Kenapa James Gosling masuk kategori pertama ?
karna James Gosling adalah adalah seorang pengembang perangkat lunak , ia juga terkenal sebagai bapak bahasa pemrograman java. karna itulah saya kira ia masuk ke profesi bidang TI kelompok pertama dibidang Perangkat Lunak. selain itu ia juga bekerja untuk Sun Microsystems sejak 1984

Berikut adalah sulasan tentang James Gosling.
James Gosling O.C., Ph.D adalah seorang pengembang perangkat lunak. Terkenal sebagai bapak bahasa pemograman Java, Gosling lahir di dekat Calgary, Alberta, Kanada pada 19 Mei 1955. Java sendiri adalah bahasa pemrograman dan perangkat yang diciptakan oleh James Gosling dan teman-temannya pada tahun 1994. Java pada awalnya diberi nama Oak dan dikembangkan sebagai bagian dari Green Project di Perusahaan Sun. Penulisan Java dimulai pada Desember 1990. Patrick Naughton, Mike Sheridan dan James Gosling berusaha untuk mencari tahu “gelombang selanjutnya” dalam ilmu komputasi.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja milik James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).
Itulah sedikit ulasan tentang bapak bahasa pemrograman java :) .

Sumber :
http://anamblogpost.blogspot.co.id/2012/10/10-tokoh-dunia-dalam-bidang-it.html
http://dimasnopalio.blogspot.co.id/2015/04/profesi-tata-laku-dan-etika-berprofesi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/James_Gosling

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © This My Life - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -